Misteri KRI Irian Class Battelcruiser

luIhh Hayo Siapa Yang Blum Kenal Ama Kapal KRI IRIAN?
klo Belum Kebangeten deh,,,,
Sini aku beritahu..
KRI Irian Adalah Kapal Battlecruiser Dari Rusia yang Dibeli Indonesia Lalu Namanya Diganti KRI IRIAN
Lho lha nama Aslinya Apa?
Nama Aslinya "ORDZHONIKIDZE"
Dibuat pada 19 Oktober 1949,dan Di Luncurkan ke Laut Pada 17 September 1950,Di operasikan oleh UNI SOVIET Pada 30 Juni 1952 Dan Dibeli Oleh Indonesia 10 Tahun Kemudian,yuuup Betul Pada Tahun 1962,DAN Kapal ini tidak Langsung Ditugaskan,tapi masih dalam kondisi Resmi Dari Soviet......
maka dari itu Indonesia Mengganti Namanya,Nomer Kapalnya,Tulisan Rusia yang berada kapal diganti semua,Dan Melatih Pelaut Indonesia supaya Jadi PROFESIONAL...
Lalu Kapal ini Di Operasikan pada 24 Januari 1963...
Berat Kapal Mencapai 13.600 T standar, 16.640 T beban penuh
Panjang Kapal Yaitu 210 m keseluruhan, 205 m garis air
Dengan Lebar 22 Meter,dan Tinggi 6 meter , Waw Besar Ya?
 ALRI yang belum pernah mempunyai armada sendiri sebelumnya, belajar untuk mengoperasikan kapal-kapal canggih dan mahal ini dengan cara trial and error/coba-coba. Bulan November 1962 tercatat sebuah mesin diesel kapal selam rusak karena benturan hidrolis saat naik ke permukaan, sebuah destroyer rusak dan 3 dari 6 boiler KRI Irian rusak. Suhu yang panas dan kelembapan tinggi berefek negatif terhadap armada ALRI, akibatnya banyak peralatan yang tidak bisa dioperasikan secara optimal. Di lain pihak kehadiran kapal ini membuat AL Kerajaan Belanda secara drastis mengurangi kehadirannya di perairan Irian Barat.
eh Rugi dong Kapal Selam Rusak,Destroyer Hancur,Boiler KRI Irian Rusak,,,
Hadeehhh,,,
lalu diperbaiki di pabrik Dalzavod Rusia,,
Saat KRI IRIAN Datang Pelaut Rusia Terkejut melihat Kerusakan KRI IRIAN yg Kondisinya Sangat Buruk...
Batin Seorang Pelaut Rusia "Wah,Gimana sih orang Indonesia?,massa kapal Battlecruiser kayak Gini Sampai Sekarat"
dan ini dia Misterinya Kawan :





MISTERI PETAMA  : menyebutkan bahwa tahun 1970, KRI Irian sudah sedemikian parah keadaannya hingga sedikit demi sedikit mulai dibanjiri air. Tidak ada orang yang peduli untuk menyelamatkan kapal penjelajah ini. Sehingga pada masa Laksamana Sudomo menjabat sebagai KSAL, maka KRI Irian dibesituakan (scrap) di Taiwan pada tahun 1972 dengan alasan kekurangan komponen suku cadang kronis.

MISTERI KEDUA :, menurut Hendro Subroto, kapal perang yang dibuat hanya empat buah ini dijual ke Jepang setelah persenjataannya dipreteli. "Padahal di Tanjung Priok masih terdapat dua gudang suku cadang. Tapi karena perawatan sebelumnya di tangani orang Rusia, selepas Gestapu, kita tidak punya teknisi lagi," kata Hendro.

MISTERI KETIGA : menyebutkan bahwa ketika dibawa untuk dibesituakan, di tengah perjalanan KRI Irian dicegat oleh kapal Uni Sovyet. Versi ketiga ini adalah analisis dari penulis sendiri setelah membaca laporan dari berbagai majalah militer yang mengulas mengenai persenjataan Uni Sovyet semasa Perang Dingin. Uni Soviet hanya menjual penjelajah ringan kelas Sverdlov kepada dua negara, yaitu Indonesia (1962) dan India (1989–scrap). Ada dugaan bahwa pihak yang paling tidak menginginkan apabila kelas Sverdlov jatuh ke tangan pihak Barat adalah Uni Soviet. Teori ketiga, ada kemungkinan Uni Soviet mencegat kapal tersebut dan kemudian mengambil alih dengan kesepakatan, bisa jadi dengan mengurangi sejumlah hutang pembelian senjata yang belum dilunasi atau bisa jadi dengan melunaskannya.

MISTERI KE EMPAT : Mungkin kapal ini telah dihancurkan berkeping keping setelah periode kapalnya habis

MISTERI KE LIMA  : melihat kapal CB Berbendera Indonesia Telah Tenggelam setelah kalah Bertempur dgn Belanda

MISTERI KE ENAM : di suatu tempat ada kapal Battlecruiser MIRIP dengan KRI IRIAN yg berada di lautan Malaya tetapi berbendera jepang,apa mungkin saja Jepang Merampas Kapal KRI IRIAN disaat akan Perjalanannya menuju Rusia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RMS Titanic 2

HMHS Britannic